bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Yang Perlu Diketahui Tentang Blog Dian Sastrowardoyo

Karena kebetulan saya ikut bantu-bantu proses awal Dian Sastrowardoyo punya blog, jadi beberapa hari kemarin saya mengamati terus perkembangan — dari sisi teknis — yang terjadi di blog Dian Sastro tersebut. Terus terang, banyak hal-hal yang bisa dipelajari. Nah, karena ada hal-hal yang sifatnya teknis, dan mungkin bisa jadi pelajaran untuk kita semua, saya akan coba rangkum secara singkat.

ds ga

Setelah ada kabar dibeberapa blog tentang blog Dian Sastro yang baru, terjadi lonjakan trafik yang cukup signifikan. Informasi berantai tentang informasi ini berkembang dengan cukup cepat. Untuk hasilnya, bisa dilhat pada gambar disamping. Gambar tersebut adalah bagian dari kenaikan trafik kunjungan di blog Dian Sastro. Memang ada kenaikan dan penurunan yang cukup drastis; untuk lebih detail akan saya jelaskan di bagian berikutnya. Oh ya, kejadian ini hampir mirip sewaktu Asia Blogging Network diluncurkan, kemudian muncul pula diskusi lanjutannya di MetroTV.

Untuk hari pertama, hampir tidak ada masalah yang berarti, tapi keesokan harinya ada masalah teknis. Dari yang saya dengar, ternyata pihak hosting memindahkan server hosting ke lokasi datacenter lain. Jadilah beberapa waktu blog tidak bisa diakses, dan Anda mungkin sempat melihat tampilan halaman yang memberitahukan bahwa server telah dikonfigurasi. Tidak banyak yang bisa dilakukan selain menunggu. Dan, akhirnya semua bisa berjalan dengan baik kembali.

Tadi malam — lebih tepatnya tadi pagi — saya dapat pesan pendek dari Benny Chandra (eh, dia bukan Benny dari Contoh Management, lho…) . Dia tanya kenapa postingan di blog Dian Sastro ada yang hilang. Karena kebetulan waktu SMS tersebut saya masih belum tidur, akhirnya sempat diskusi dengan Benny Chandra. Dan benar saja, beberapa tulisan dan komentar tidak ada. Cukup banyak komentar yang akhirnya tidak bisa “diapa-apakan”, karena sudah tidak ada. Jadi kesimpulan sementara dari diskusi dengan Ben adalah bahwa account tersebut di-restore, tapi bukan dengan data terbaru.

Terakhir saya amati, ada lebih dari 600 komentar yang masuk, tapi ketika saya lihat, mungkin ada sekitar 500 komentar yang hilang tanpa jejak. Setelah Benny Chandra berburu untuk mendapatkan entri blog yang pernah tercatat oleh layanan blog lain, akhirnya ketemu juga di Bloglines. Thanks Ben! Jadilah pagi ini beberapa entri yang sempat menghilang di tuliskan ulang di blog tersebut.

Jadi singkatnya begitu…

Sumber-Asli: Thomas Arie
Baca Juga : 10 Blogger Top Indonesia



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris