bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Rumah Masa Depan - Apartemen

Memilih Tinggal di Apartemen

Hidup di apartemen bagi sebagian besar warga memang sudah merupakan kebutuhan sekaligus gaya hidup. Lalu,bagaimana menatanya agar terasa nyaman, meski berada di lahan terbatas?

Tinggal di hunian apartemen dengan bentuk bangunan vertikal merupakan solusi paling ideal untuk menyelesaikan masalah permukiman di perkotaan saat ini. Kondisi seperti ini yang menjadikan tren untuk masyarakat kota besar. Karena konsep apartemen adalah tempat hunian yang modern dan praktis. Dengan begitu sangat cocok dengan kebutuhan para penghuninya yang memiliki mobilitas tinggi.

Dengan berbagai keuntungan akses ke lokasi yang mudah dijangkau (strategis), baik ke pusat bisnis, hiburan, olahraga, perbelanjaan, pendidikan, maupun rumah sakit menjadi alasan mengapa tempat tinggal seperti ini pantas dipilih sebagai hunian ideal.

Kemudahan aksesibilitas memberi nilai jual tinggi dalam alasan pemilihan tinggal di sebuah apartemen. Efisiensi waktu dan kemudahan akses menjadi kebutuhan utama di dunia serbacepat ini. Orang-orang enggan menghabiskan waktunya di jalanan. Begitu juga dengan beragam fasilitas yang menguntungkan dan memudahkan penghuninya.

“Kenapa memilih apartemen untuk tinggal di Jakarta? Alasan utama yang paling banyak dipilih karena lokasinya yang mudah dicapai dan strategis,” ujar Ir Imelda Akmal M Bus M Cert Int Iv, almamater Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Trisakti itu ketika ditemui dalam acara talkshow dan peluncuran buku bertajuk “Menata Apartemen”.

Faktor keamanan yang terjamin menjadi alasan lain untuk memilih tinggal di apartemen. Selain itu, pengelolaan mulai dari sistem pengolahan sampah, sistem instalasi, dan berbagai fasilitas dapat dinikmati penghuni di kompleks apartemen, mulai dari pusat ATM, minimarket, pusat kebugaran, jogging track, kolam renang, pusat perawatan kecantikan dan beberapa di antaranya menyediakan business center bahkan mixed use apartemen yang dilengkapi mal perbelanjaan, perkantoran atau hotel.

Untuk anak-anak, tersedia pula area khusus untuk bermain lengkap dengan sarana pendukung dan kolam renang anak. Tempat ini juga dilengkapi fasilitas keamanan dan kamera CCTV di beberapa area publik.

Bahkan, untuk kepentingan bisnis, di area tertentu dilengkapi pula akses internet broadband.Maka untuk memperoleh informasi lengkap, Anda selaku konsumen jangan ragu bertanya mengenai segala hal yang bersangkutan dengan apartemen tersebut.

“Sebagai calon pembeli, sudah seharusnya bertanya siapa developer yang membangun apartemen tersebut dan fasilitas apa saja yang ada di dalamnya,” ungkap wanita yang memperdalam ilmunya di bidang interior di Royal Melbourne Institute of Technology, serta mendapatkan gelar Master of Business Management dari Swinburne University, Melbourne, Australia itu.

Tinggal di apartemen juga mengurangi perusakan lingkungan, memberi ruang terbuka hijau dan memperpendek mobilitas. Karena tinggal di sebuah hunian dengan konsep rumah biasa (landed house) di pusat kota kian pelik. Pusat kota yang dulu masih ideal sebagai area permukiman, kini cenderung dipadati oleh kegiatan ekonomi seperti perkantoran atau pertokoan. Kondisi ini yang membuat permukiman penduduk kian bergeser ke pinggir kota.

Dampak dari perubahan ini adalah jarak tempuh yang relatif lebih jauh dari tempat tinggal ke pusat aktivitas yang pada gilirannya menyebabkan masyarakat ingin kembali tinggal di kota. Namun, kebutuhan lahan untuk tempat tinggal tidak sebanding lagi dengan ketersediaan lahan. Sebab itulah, apartemen menjadi alternatif yang layak bagi pengembang perumahan di wilayah pusat kota, yang pada gilirannya menguntungkan bagi masyarakat yang ingin tinggal di wilayah ini.

“Masalah global warning ternyata akibat kita membuat bangunan berupa rumah. Karena itu, tinggal di apartemen dengan bentuk bangunan vertikal sudah menjadi keharusan untuk hidup di Jakarta. Sebab kondisi luas lahan yang terbatas sudah tidak memungkinkan bagi masyarakat Jakarta memilih tinggal di sebuah landed house,” sebut penulis buku yang juga kontributor untuk artikel arsitektur dan interior majalah dalam dan luar negeri serta program televisi itu.

Sumber : Indosmart
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris