bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Pengganti Microsoft Office

Bagi mereka yang mulai diliputi ‘ketakutan' terkena sweeping aparat, atau Anda sudah sangat ‘benci' setengah mati ama Bill Gates, mungkin sudah saatnya Anda berpaling ke software-software aplikasi perkantoran (office software) ‘gratis' yang sekarang ini banyak tersedia di internet. Jangan khawatir dengan keandalan dan kemudahan penggunaannya. Pemakaiannya hampir tidak ada bedanya dengan menggunakan Microsoft Office. Bahkan instalasinya cukup mudah dan bisa diinstal baik di Windows maupun Open Source Software yang lain.

Berikut ini adalah sejumlah office software yang tersedia gratis:

OpenOffice.org

OpenOffice.org adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis di http://www.openoffice.org/. Paket tersebut terdiri dari komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, kreator fungsi matematika dan gudang data (database). Aplikasi ini muncul sebagai bentuk perlawanan dari dominasi Microsoft (dengan Microsoft Office-nya) selama ini. OpenOffice.org mampu dijalankan pada berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka (ODF) yang disetujui sebagai standard internasional ISO untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya.

IBM Symphony

Produk yang hampir mirip dengan OpenOffice.org adalah Symphony. Office Software buatan IBM ini menggunakan standar dokumen terbuka (ODF), sama seperti yang digunakan OpenOffice.org. Meski masih dalam versi beta, symphony telah diunduh sebanyak 100.000 kali hanya pada minggu pertama sejak peluncurannya. Sympony saat ini baru mengandalkan 3 aplikasi perkantoran, yaitu pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), dan presentasi. Jika Anda tertarik, bisa Anda unduh di http://symphony.lotus.com/software/lotus/symphony/home.jspa .

Google Document

Sedikit berbeda dengan OpenOffice.org dan Symphony, Google menyediakan aplikasi perkantoran gratis secara online. Maksudnya, Anda tidak perlu lagi melakukan proses mengunduh dan meng-install suatu aplikasi. Anda cukup dengan membuka situs http://www.google.com/ dan meng-klik link tentang Google Doc. Syaratnya Anda sudah harus terdaftar (sign up) di Google, dan itu semua gratis! Sama dengan Symphony, Google baru mengandalkan 3 aplikasi perkantoran, yaitu pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), dan presentasi. Bagi Anda yang tidak mau repot dengan urusan download dan install, layanan Google ini bisa menjadi alternatif yang patut dipertimbangkan. Kuncinya adalah komputer Anda harus terkoneksi internet terus menerus.

Nah, sekarang Anda tidak perlu takut lagi dengan tuduhan melakukan pelanggaran HaKI. Namun, kembali lagi pilihan ada di tangan Anda. Mau pakai yang mbayar, silakan. Mau yang gratis, yo moggo...

Sumber gambar: http://www.tomshw.it/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris