bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Ditemukan Arak Timur Berusia 9000 Tahun !

dr-patirck


Juzhong Zhang dan Zhiqing Zhang, Institute Peninggalan Budaya dan Arkeolog Provinsi Henan, Zhengzhou, China.

Tim riset internasional setelah mengadakan analisa kimia menemukan, bahwa penyerapan organik dan pengawetan dalam kendi yang terbuat dari tanah liat dari Neolithic Desa Jiahu, Provinsi Henan, China Tengah dapat dipakai untuk membuat minuman dari beras, madu, buah-buahan pada 9000 tahun yang lalu.

Penemuan ini dibuat oleh tim riset internasional termasuk ahli kimia dari Universitas Museum Pennsylvania Dr. Patrick McGovern dari MASCA (Museum Applied Science Centre for Archaeology). Penemuan ini merupakan bukti kimiawi pertama terhadap minuman yang difermantasi pada masa kebudayaan China kuno, memperluas pemahaman kami tentang kunci teknologi dan peradaban cara membuat minuman yang difermantasi di China.

Tes dilakukan di dalam kendi dari tanah liat (tembikar) dari Neolithic Desa Jiahu dimana sangat menarik perhatian, sebab merupakan tembikar tertua yang diketemukan di China. Melalui berbagai macam metode kimia yang diketemukan semuanya merupakan campuran dari buah hawthorn, anggur, lilin tawon lebah dan beras.

Dr. Patrick E. McGovern, ilmuwan senior dari MASCA, Universitas Musium Pennsylvania, didalam laboratoriumnya menyatakan bahwa kendi dari Jiahu, China telah berusia kira-kira 9000 tahun yang lalu. (Universitas Musium Pennsylvania) Bejana perunggu yang ditutup rapat yang dibuat pada 1250SM juga di temukan di Kota Anyang dan Kuburan Changzikou di Sungai Kuning China. Bejana yang ditemukan berisi arak spesial yang terbuat dari beras dan padi-padian. Minuman tersebut dicampur dengan rempah-rempah seperti wormwood (sejenis tanaman beraroma pahit, biasa digunakan untuk membuat alkohol dan obat-obatan), bunga serunai dan pohon dammar.

Menurut Dr. McGovern, analisa cairan ini merupakan arak hasil fermentasi dan penyaringan beras atau padi-padian yang dikenal dengan nama “Jiu” atau “Chang” sesuai dengan tulisan dinasti Shang.

Arak Jiu dan Chang pada zaman prasejarah China sepertinya dibuat dari “Cetakan Sakarin”, suatu proses yang menggunakan gabungan dari cetakan khusus untuk menghancurkan biji padi-padian menjadi gula, sebelum difermentasi dengan ragi.

Ada sekitar 100 macam rempah-rempah khusus termasuk wormwood juga digunakan untuk membuat qu sekarang ini. Beberapa telah memperlihatkan dapat meningkatkan ragi fermentasi sampai 7 kali lipat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris