bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Google Luncurkan Knol, Pesaing Wikipedia?

Tujuh bulan setelah memperkenalkan secara terbatas, Google akhirnya meluncurkan secara resmi layanan barunya yang diberi nama Knol. Layanan ini mirip dengan Wikipedia di mana pengguna yang telah mendaftar dapat memublikasikan tulisannya di web.

Sejak dirilis Desember tahun lalu, akses Knol hanya terbatas melalui undangan. Namun, saat ini, semua orang dapat mendaftar bahkan menggunakan user ID layanan Google lain yang telah dimiliki.

Meski pendekatan kontennya sama dengan format mirip ensiklopedia, Knol berbeda dengan Wikipedia. Knol mendorong pengguna untuk menampilkan identitas asli di balik artikel yang ditulisnya. Tujuannya, meningkatkan tingkat kepercayaan terhadap artikel tersebut.

Sebagai iming-iming, Google menawarkan sumber pemasukan dari jaringan iklannya AdSense yang akan disebarkan di halaman-halaman artikel tersebut. Tidak harus dengan nama asli, tapi data pengguna harus diverifikasi dengan data kartu kredit atau melalui telepon jika ingin mendapatkan pembagian keuntungan dari iklan.

"Setiap Knol akan memiliki penulis atau kelompok grup yang menampilkan namanya di balik konten tersebut. Itulah Knol mereka, suara mereka, opini mereka," tulis Cedric Dupont, manajer produk Knol dalam blog resmi Google yang ditulisnya bersama Michael McNally. Mereka menjelaskan, akan semakin bagus saat banyak Knol dengan subyek yang sama.

Pendekatan tersebut berbeda dengan Wikipedia yang cenderung anonim. Penyunting di Wikipedia jarang sekali yang menggunakan nama asli dan tanpa ada iklan satu pun di halaman artikel.

Perbedaan lain adalah dalam hal pengaturan isi artikel. Pada Wikipedia, setiap pengguna dengan bebas mengedit asal memiliki hak akses. Pada Knol, setiap orang juga bebas memberikan masukan atau koreksi, tapi keputusan untuk mengedit tetap pada penulis asli. Namun, pembaca dapat memberi rating atau review terhadap setiap artikel.

Hal tersebut memungkinkan penulis mendapat saran dari semua orang, tapi tetap dapat mengendalikan artikelnya. Jadi, artikel tersebut selalu melekat pada penulis. Google sendiri memastikan tidak akan melakukan editorial terhadap konten yang dipublikasikan penulis dan pengguna.

Pelengkap

Dengan karakteristik yang agak berbeda, Google tak mau disebut pesaing Wikipedia, tapi pelengkap. Dupont menyatakan, penulis Wikipedia mungkin dapat menggunakannya untuk mengembangkan materi tulisannya lebih lengkap. Halaman-halaman artikel memang didesain agar terlihat lebih profesional.

Saat ini Knol sudah berisi ratusan artikel, masih jauh lebih sedikit daripada Wikipedia yang telah berisi 2,5 juta artikel dalam bahasa Inggris saja dan jutaan lain dalam berbagai bahasa. Salah satu topik adalah tentang konstipasi (sembelit) yang ditulis profesor gastroenterologi dari Universitas San Fransisco dan saran untuk backpacker dari software engineer yang bekerja di Google. Knol dapat diakses di http://knol.google.com

WAH/kcm
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris