bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mengenal Prinsip Kerja Halaman Web !


World Wide Web (lebih populer disingkat WEB saja) adalah sistem yang mengatur dokumen-dokumen hypertext sehingga bisa saling berhubungan menggunakan prinsip link dan diakses melalui internet. Untuk mengakses Web diperlukan sebuah software yang dinamakan Browser.

WWW diciptakan pada tahun 1989 oleh Barners Lee dan Robert Cailliau, masing-masing dari Inggris dan Belgia. Mereka menciptakan WWW ketika bekerja di proyek CERN di Jenewa, Swiss.

Namun kemudian Lee Barners lebih banyak berperan aktif dalam pengembangan standar-standar teknologi web ini, termasuk diantaranya standarisasi bahasa mark up yang digunakan pada halaman web.

Agar dapat melihat halaman web di WWW, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

1. Pertama kali anda harus mengetahui alamat URL halaman web yang ingin anda lihat tersebut.

2. Ketiklah alamat web tersebut di web browser yang anda miliki, kemudian tekan tombol ENTER.

3. Kemudian mesin di internet akan menerjemahkan alamat URL menjadi IP address memanfaatkan sistem global yang dinamakan DOMAIN NAME SYSTEM atau disingkat DNS.

4. Browser kemudian meminta sumberdaya dengan cara mengirimkan permintaan HTTP pada server web yang memiliki IP address hasil terjemahan DNS.

5. Untuk halaman web standar, text HTML biasanya akan diminta atau diproses terlebih dahulu baru kemudian file lainnya, seperti gambar, animasi flash, dan multimedia.

6. Setelah text HTML dan file pendukung ter-download oleh browser, browser akan menampilkan dan mengatur tampilan halaman sesuai yang tertulis pada kode HTML, CSS atau bahasa pengatur lainnya. Tampilan yang dihasilkan itulah yang kita lihat.

Umumnya sebuah halaman web memiliki hyperlink yang akan menghubungkannya dengan halaman lainnya, yang tentu saja memiliki keterkaitan isi atau tema. Hyperlink juga digunakan untuk mereferensikan file dokumen, gambar, PDF, dan file lainnya yang akan didownload.

Kumpulan halaman web yang paling berhubungan menggunakan hyperlink ini kemudian memunculkan istilah "Web Site".
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris