bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mengenang Pertama Kali Memakai Internet !

Ingat 10 tahun lalu pertama kami pake internet. Waktu itu aku masih nggak nggak ngerti banget apa itu internet. Belajar komputer juga dari kutak-kutik PC di kantor, belajar WIndows dan Office juga otodidak. Emang ketertarikan pada jenis peralatan elektronik ini sudah lama, tapi karena baru bisa “megang” tahun 1994, dimulailah eksperimenku. Pernah waktu itu lagi coba-coba belajar BASIC, komputer di kantorku hang, hehe, untung masih bisa menyelamatkan diri (kabur), karena gak tau harus diapain (kecuali shut down).

Begitu akau pindah ke cabang, urusan kutak-kutik ini makin bebas, karena yang “bisa” komputer saat itu cuma aku saja. Dimulailah petualanganku. Beli buku-buku komputer, beli soundcard, beli vga card, pasang CD-ROM (tahu kan komputer kantor?).

Nah baru kenal modem tuh tahun 1998, kalo nggak salah habis kerusuhan banyak barang-barang yang dijualin murah, kebetulan salah satu pelanggan datang ke kantorku dan nawarin, baru deh coba install ini modem. Tentu masangnya di kantor, pake line telepon yang biasa buat fax kantor, dimana lagi bisa begini? Buset ribetnya setengah mati, udah pasang, kok nggak bisa konek-konek. Setelah coba berkali-kali, akhirnya berhasil, senangnya bukan main man..

Web yang pertama kali aku buka tuh kalo nggak salah www.kpu.go.id (tul gak ya? udah agak lupa juga), pokoknya yang nampilin daftar nama-nama calon anggota MPR deh. Tahu kan waktu itu lagi seru-serunya reformasi. Tapi, lambatnya minta ampun..

Nah yang kedua itu iklanbaris.co.id. Itu loh iklan baris online yang paling top saat itu. Wah dari situ ketemu link-link yang membahas tentang settingan modem dan internet. Sejak saat itulah banyak informasi yang membuka wawasan berpikirku (oh ya nggak lupa juga buka situs-situs xxx hehehe..). Gara-gara ini pulang kantor bisa sampai malam, bahkan nginap. Apalagi sabtu minggu, pasti nggak lupa ke kantor.

Waktu itu email yang ngetop dari yahoo, trus hotmail, yang Indonesia punya plasa.com. Beberapa tahun kemudian baru belajar mengenal apache, mysql, php. CMS yang juga dipelajari waktu itu MAMBO yang masih free (apa opensource ya?). Makasih banyak buat PC PLUS dan majalah NEOTEK yang turut membantu ilmu komputer dan internet aku.
Nah sejak tahun 2003 sampai 2007 bisa dibilang aku nggak banyak buka internet karena selain sibuk, juga lagi demen hal-hal yang lain, seperti dugem (ups!) contohnya. Pokoknya kesibukan yang berhubungan dengan konkow-kongkow deh. Paling-paling cuma buka email buat baca-baca milis, atau lihat berita.

Nah, tahun 2008 ini baru deh mulai aktif lagi, sehubungan dengan pendapatan yang semakin berkurang, aku mau coba-coba lihat peluang dapat duit melalui internet. Mulai belajar lagi, coba-coba bejar joomla, drupal dan of course, wordpress. Banyak sekali loh yang berubah, seperti lebih dikenalkannya XHTML dan XML, semakin banyak Social bookmarking, trus micro blogging, apa lagi ya?

Hari-hari ini lagi belajar wordpress, dan drupal, juga mau belajar buat web aplikasi pake CodeIgniter. Kalau ada yang seperti saya, paham iya - mahir enggak, bagi-bagi dong infonya.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris