bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Jepang Tangisi Kepergian Ling Ling !


Panda raksasa tertua di Jepang, Ling Ling, mati pada usia 22 tahun akibat gagal jantung. Warga Tokyo pun menangis.

Ling Ling menjadi terkenal karena hewan ini menjadi simbol persahabatan antara Jepang dan China, serta telah menjadi bintang di Ueno Zoo, kebun binatang terbesar di Tokyo, selama bertahun-tahun.

Usia Ling Ling sekarang mencapai 22 tahun tujuh bulan atau setara dengan manusia berusia 70 tahun. Ling Ling merupakan panda jantan kelima tertua di dunia yang pernah ditemukan.

Menurut Motoyasu Ida, pejabat Kebun Binatang Ueno, Ling Ling mulai kehilangan selera makan sejak Agustus 2007 karena faktor usia. "Namun, akhir-akhir ini Ling Ling mengalami gangguan jantung dan ginjal. Hasil otopsi menyebutkan, Ling Ling mati karena gagal jantung," kata Ida.

Kematian hewan yang menjadi bintang selama 15 tahun itu membuat para penjaga kebun binatang dan pengunjung sedih. Stasiun televisi NHK menayangkan gambar banyaknya pengunjung menuliskan pesan terakhir dan beberapa di antaranya menangis. Potret Ling Ling dipasang di dalam kandangnya bersama karangan bunga dan makanan kesukaannya, batang bambu kuning.

Para penjaga mengaku menemukan Ling Ling sudah tidak bernyawa pada Rabu pagi saat mereka masuk kandang. "Ia berbaring di tempat favoritnya, di lubang tempat ia biasa duduk," kata Ida. Ling Ling mati sehari setelah pengelola kebun binatang menariknya dari kandang karena kesehatannya semakin memburuk.

Ling Ling lahir di Kebun Binatang Beijing tahun 1985 dan dikirim ke Tokyo pada 1992. Sudah tiga kali Ling Ling dikirim ke Meksiko untuk dikawinkan dengan sejumlah panda betina, tetapi tak satu pun berhasil.

Ling Ling adalah satu-satunya panda jantan milik Jepang. Delapan ekor panda jantan lainnya di negara itu merupakan pinjaman dari China. Dengan kematian Ling Ling, Kebun Binatang Ueno sekarang tidak memiliki panda. Pasangan panda pertama tiba dari China pada 1972, ebagai simbol perjanjian damai. Menurut Ida, kebun binatang itu saat ini sedang berkonsultasi untuk mendapatkan panda lain dari China.

Panda raksasa merupakan salah satu hewan paling langka di dunia. Saat ini tercatat 1.600 ekor yang masih hidup di alam liar, khususnya di Provinsi Sichuan dan Shaanxi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris