bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Situs Yang Sering Diakses Negara ASEAN ( Alexa.com ) !

Analisis dari situs yang sering diakses setiap negara (berdasarkan Alexa.com)

Bagaimana membandingkan perilaku warga masing-masing negara di ASEAN? Parameternya banyak, dan salah satunya adalah mengetahui jumlah situs yang sering diakses masing-masing negara. Sebagai contoh adalah ASEAN, namun dalam analisis sempit saya, hanya mengkaji 5 Negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Philipina, dan Brunei (Indonesia dan negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia).

Situs yang dibahas di sini tentunya, situs yang berada di 10 besar situs yang sering diakses menurut alexa.com, serta pembahasannya berdasarkan situs yang memiliki karakteristik tersendiri, misalnya ada yang berupa search engine, email services, atau social network services.

Berikut data-data dari 5 negara di ASEAN dengan 10 Top situs (data alexa 05/01/09 pukul 21.00 WIB) :

Indonesia Malaysia Philipina
  1. Yahoo
  2. Google.co.id
  3. Friendster
  4. Google
  5. Blogger
  6. Facebook
  7. Youtube
  8. WordPress
  9. Kaskus
  10. Detik
  1. Yahoo
  2. Google.com.my
  3. Friendster
  4. Youtube
  5. Windows Live
  6. Google
  7. Blogger
  8. Facebook
  9. MSN
  10. Myspace
  1. Yahoo
  2. Friendster
  3. Youtube
  4. google.com.ph
  5. Google
  6. Multiply
  7. Blogger
  8. Wikipedia
  9. Y8
  10. Facebook
Singapura Brunei
  1. Yahoo
  2. Youtube
  3. Windows Live
  4. Google.com.sg
  5. Blogger
  6. Facebook
  7. Friendster
  8. MSN
  9. Google
  10. Wikipedia
  1. Windows Live
  2. Yahoo
  3. Youtube
  4. Google.com.bn
  5. Facebook
  6. Blogger
  7. Friendster
  8. MSN
  9. Google
  10. Wikipedia

Ternyata hampir semua negara,Yahoo sebagai layanan email, berada di posisi pertama, kecuali di brunei (Windows Live berada di point pertama). Hal ini menunjukkan bahwa layanan email menjadi yang paling banyak diklik oleh masyarakat di 5 negara tersebut. Yah sudah barang tentu, karena email menjadi syarat untuk mengakses lebih dalam situs-situs yang lain.

Sebenarnya kelima negara memiliki karakteristik yang sama dalam situs yang paling banyak diklik, dari 10 besar tersebut, ada Yahoo, Google, Friendster, Facebook, dan Youtube, sebagai layanan email, search engine, dan sosial network menjadi layanan yang sering diakses.

Namun yang patut dibanggakan dari Indonesia menempatkan 2 situs lokal Indonesia, yaitu kaskus.us dan detik.com. Keempat negara lain, tak satupun terdapat situs lokalnya, semuanya situs global.

Keberadaan detik.com di 10 top situs tersebut, menunjukkan bahwa di Indonesia lebih banyak yang membaca berita aktual negaranya, ketimbang negara-negara lain. Walaupun Yahoo menyediakan fasilitas berita, namun saya yakin lebih banyak digunakan sebagai layanan surat elektronik.

Youtube di Singapura menjadi peringkat kedua, sedangkan di negara-negara lain berada peringkat maksimal di peringkat lima. Tidak demikian dengan Indonesia menempatkan di posisi ketujuh. Apakah ini menunjukkan tingkat akses internet terutama berupa streaming di Indonesia sangat rendah sekali, ketimbang di Singapura yang lancar jaya? Yah bisa jadi seperti itu, sepemahaman juga yang dikatakan Blogger Singapura di Pesta Blogger 2008 kalo internet Indonesia itu suck.

Melihat situs sosial pertemanan dari kelima negara, Philipina negara yang paling sering mengakses Friendster, yah memang philipina dikenal sebagai negara yang paling sering mengakses friendster. Masuk warnet di Philipina, semuanya komputer membuka halaman friendster, jadi wajarlah.

Walaupun di Indonesia dan Malaysia, Friendster lebih banyak diakses ketimbang Facebook. Namun di Singapura dan Brunei, lebih kebarat-baratan lebih banyak menggunakan facebook, karena katanya Friendster banyak digunakan oleh orang Asia sedang facebook oleh orang Amerika-Eropa. Sedang myspace yang in di Amerika dan Eropa hanya ada di daftar 10 top situsnya malaysia. Namun pertanyaan selanjutnya adalah dengan adanya media social network services (jaringan situs pertemanan) tersebut apakah menunjukkan bahwa tingkat keramahan negara tersebut tinggi?

Penyedia layanan blog, blogger.com berada di setiap daftar, menunjukkan bahwa blog sudah menjadi hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat di ASEAN. Indonesia dan Singapura menjadi negara yang mendudukkan blogger di tingkat paling tinggi dibanding negara lainnya. Sedangkan WordPress lebih terkenal di Indonesia karena masuk 10 besar. Mestinya kemaren Wordcamp itu dilaksanakan duluan di Indonesia yah, bukan di Philipina.

Jadi patut dicatat bahwa aktivitas blogging di Indonesia cenderung tinggi, yah sungguh baik dalam hal peningkatan intelektualitas selain media massa mainstream.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris