bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

25 Game Javascript Yang Mengagumkan !

Pengetahuan Javascript bagi para desainer atau pengembang web hari ini sudah menjadi sebuah keharusan di era Web 2.0. Dengan pengetahuan tentang Javascript yang baik, Anda dapat membuat situs yang dinamis dan interaktif. Tetapi di samping cocok digunakan sebagai form control, alert dan fungsi-fungsi sederhana lainnya, Anda dapat melakukan hampir semua hal dengan bantuan Javascript seperti Drag & drop, animasi, manipulasi CSS, AJAX dll. Ada pula Javascript libraries yang memudahkan pembuatan fungsi-fungsi rumit dengan lebih mudah. Beberapa Javascript libraries yang terkenal:
Untuk para pengembang yang mencari contoh teknik Javascript tingkat tinggi, game bisa menjadi bisa menjadi salah satu referensinya.

Melalui game yang terbuat dari Javascript, kita bisa melihat contoh animasi, interaksi, solusi yang cerdas untuk fungsi matematika dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi sumber inspirasi untuk fitur-fitur yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya bisa dihasilkan dengan kode-kode Javascript.

Inilah bagian pertama dari daftar 25 game berbasis Javascript yang mengagumkan, beberapa mungkin pernah Anda kenal dan sangat sederhana, tetapi jika dilihat dari cara pembuatan yang hanya menggunakan JavaScript, mungkin Anda akan dapat menghargainya. Anda tidak memerlukan Flash atau plugin apapun untuk memainkan game-game di bawah ini, yang diperlukan hanyalah sebuah browser modern.

Bunny Hunt



Sebuah game berburu klasik dengan tampilan sederhana dan mudah dimainkan oleh siapapun. Pastikan Anda memeriksa source code situs tersebut untuk melihat betapa simpelnya game ini dibuat dengan menggunakan XHTML, CSS & Javascript.

Javascript Library: Tidak pakai

Travians



Game pengembangan karakter seperti game The Sims, tetapi di sini Anda berperan sebagai seorang penduduk desa. Game multiplayer dan menggunakan AJAX untuk membuatnya. Anda dapat mengendalikan karakter, berkomunikasi dengan pemain lain dan kegiatan lainnya.

Javascript Library: xajax.

Digg Attack



Ini adalah game Web 2.0. Game tembak-tembakan 2D yang dibuat dengan Javascript/Canvas menggunakan data streaming melalui Digg API untuk mendatangkan karakter musuh.

Javascript Library: Tidak pakai.

Invaders From Mars



Game klasik ATARI/Nintendo dengan implementasi mengagumkan yang hanya menggunakan Javascript. Game ini menyuruh kita untuk melindungi bumi dengan menembak makhluk dari planet Mars.

Javascript Library: SoundManager2.

Solitaire



Game klasik Solitaire yang dibuat dengan Javascript. Kode sumbernya bisa dilihat dan tidak sama sekali tidak menggunakan interaksi server-side. Benar-benar game Javascript dengan source code yang ditulis dengan dengan baik.

Javascript Library: Tidak pakai.

Card Games



Satu set game kartu yang mencakup Solitaire, seperti Freecell, Yukon dll. Tersedia gambar/desain latar dan kartu yang bisa dipilih sesuai keinginan. Efek animasinya sangat halus, untuk dapat langsung memainkan game ini Anda harus agak sabar menunggu karena ukurannya yang besar.

Javascript Library: YUI, MochiKit, PlotKit.

Jetris - JavaScript Tetris



Versi javascript dari game legendaris Tetris.

Javascript Library: Game JS.

Pacman



Game Pacman yang dibuat dengan Javascript & XHTML murni. Terdapat penggunaan CSS Sprites yang menarik (coba cek gambar latarnya).

Javascript Library: YUI.

Bomberman



Game yang memanfaatkan ledakan bom untuk menghancurkan penghalang dan menyerang musuh. Bisa dimainkan bersama pemain lain di sini.

Javascript Library: MooTools & SoundManager2.

Minesweeper



Sama seperti game klasik Minesweeper yang sering Anda mainkan di depan komputer.

Javascript Library: Tidak pakai.

el ini.

ProtoRPG



ProtoRPG merupakan mesin RPG (Role Playing Game) yang ditulis dalam Javascript. Elemen-elemen yang ada sama yang biasa kita temui di game-game RPG, seperti item yang bisa diambil, monster, ruangan dan lain sebagainya.

Javascript Library: Prototype & Script.aculo.us.

Vox Imperium



Game strategi berbasis AJAX yang bisa dimainkan oleh banyak pemain. Di game ini kita bisa menaklukkan suatu wilayah atau bangsa, melakukan diplomasi dan mengontrol wilayah yang kita miliki.

Javascript Library: Tidak pakai.

Real World Racer



Balapan mobil menggunakan Google Maps dengan jalur dan tujuan yang bisa kita atur sendiri.

Javascript Library: Google Maps API

DHTML Lemmings



Ini mungkin salah satu game terpopuler yang pernah ada. Terdapat empat mode permainan yaitu Fun, Tricky, Taxing dan Mayhem. Dalam game ini kita diharuskan menyelamatkan sebanyak mungkin makhluk yang disebut Lemmings, di bagian bawah terdapat bar yang berguna untuk menambahkan jumlah Lemmings maupun skill yang dimilikinya agar bisa sampai tempat tujuan. Pilih skill yang ada sesuai dengan kebutuhan dan medan yang dihadapi, kemudian klik pada karakter Lemmings.

Javascript Library: Tidak pakai.

Battleship



Implementasi AJAX yang cantik untuk game klasik ini. Kapal dapat ditempatkan dengan melakukan drag & drop dan dapt dimainkan bersama pemain lain.

Javascript Library: Prototype, Script.aculo.us & SoundManager2.

Ajax Chinese Chess



Game catur China yang menggunakan AJAX, berjalan halus dengan efek animasi dan suara.

Javascript Library: MooTools & SoundManager2.

DHTML Arkanoid



Game Arkanoid yang terkenal seperti dalam Javascript, Anda akan dibuat terkagum-kagum dengan efek dari bar, bonus dan lain-lain.

Javascript Library: Tidak pakai.

Brickslayer



Game yang sejenis dengan Arkanoid, tetapi lebih simpel.

Javascript Library: Prototype & SoundManager.

Sudoku



Game yang dapat mengasah logika, melibatkan perhitungan matematika (persamaan) yang serius di belakang layar. Anda dapat memasukkan nilai/ angka dengan melakukan klik pada salah satu kotak kosong dan menekan angka yang Anda inginkan di keyboard.

Javascript Library: Tidak pakai.

Video Poker



Game Poker asli. Cukup mengagumkan.

Javascript Library: Tidak pakai.

BeSlimed



Versi javascript dari game ringan populer Bejeweled. Obyek yang ada bisa ditata dengan drag & drop dan memiliki animasi yang halus.

Javascript Library: MooTools.

Spacius



Game tembak-tembakan klasik berupa pesawat luar angkasa yang diharuskan menembak pesawat lain (Bomber & Bogey) dan objek luar angkasa (Meteor & Death Star) untuk mendapatkan poin. Menggunakan kode XHTML & Javascript.

Javascript Library: SoundManager2.

Javascript Super Mario Kart



Sebuah game eksperimental menggunakan elemen Canvas yang hanya didukung oleh FF2, FF3, Opera(9.27 and 9.5) dan Safari 3.1+, tetapi tidak didukung oleh IE. Pemain bisa memilih pengaturan mode kualitas rendering untuk menguji kemampuan rendering web browser.

Javascript Library: Tidak pakai.

GPokr



Game poker berbasis AJAX ini dapat dimainkan bersama-sama, Anda bisa ikut bermain dengan pemain lain atau hanya menjadi penonton.

Javascript Library: GWT.

JavaScript Mario



Game Super Mario berukuran 14KB yang dibuat murni hanya menggunakan JavaScript. Tanpa menggunakan gambar sedikitpun!

Javascript Library: Tidak pakai.

Ada juga situs yang menjadi sumber untuk mendapatkan game-game berbasis Javascript, yaitu ig Game Center. Game yang ada di sana diperuntukkan kepada para pengguna iGoogle, layanan yang memungkinkan pengguna untuk merangkai homepage Google dengan berbagai macam gadget.

ig Game Center menyediakan game yang dapat dimainkan secara online dengan para pemain lainnya. Game yang tersedia kebanyakan berjenis board game, seperti macam-macam jenis catur, halma, camelot, dan lain-lain. (Web Resources Depot)


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris