bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Inilah 8 Tokoh Kunci Dibalik Kampanye Obama

Penampilan kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat Barack Obama yang berhasil memukau publik di banyak kesempatan, dan program-program kampanye yang bisa menyasar semua lini, merupakan hasil kerja keras sebuah tim yang setia dan solid.

Ada 8 nama yang dicatat AP, sebagai orang-orang terdekat Obama dalam perjalanannya menuju kursi Presiden AS. Mereka adalah :

David Axelrod – Kepala Pengatur Strategi

David Axelrod atau biasa disapa Ax ini, berbasis di kantor pusat kampanye Obama di Chicago. Dia pertama kali bertemu Obama pada awal tahun 1990an, ketika menjadi pimpinan organisasi masyarakat untuk pendaftaran pemilih di South Side Chicago.

Ax menjadi direktur periklanan untuk kampanye Obama tahun 2004 menuju kursi Senat. Sekarang dia menjadi kepala pengatur strategi, yang bertanggung jawab untuk membentuk dan membantu kandidat mengemas pesannya.

Mantan wartawan politik ini, meninggalkan Chicago Tribune tahun 1984 dan menjadi sekretaris pers untuk Senator Paul Simon dari Illinois , yang maju menjadi kandidat Senat. Ax (53) segera menjadi manajer kampanye Simon. Setelah Simon menang, Ax membentuk firma konsultan politik di Chicago, dan tak lama kemudian memantapkan diri menjadi pakar komunikasi politik di Chicago dan di seluruh negara bagian.

Tahun 1989, Ax bekerja untuk Richard M.Daley yang maju menjadi kandidat Walikota Chicago, dan dia dekat dengan lingkaran dalam Daley sejak itu.

Reputasi Ax dalam bisnis konsultasi sangat baik. Sejak 2002 firma miliknya AKPD&D Message and Media telah bekerja dalam 42 pemilihan pendahuluan, dan pemilu di seantero AS dan 33 diantaranya memenangkan pemilihan.

Valerie Jarrett - Penasihat

Meskipun namanya tak terlalu dikenal di Washington, Valerie Jarret adalah nama yang harus disebut di dunia politik Chicago dan di keluarga Obama. Harrett (51) adalah penasihat senior yang tak dibayar dalam kampanye ini, dan orang kepercayaan, serta sahabat karib Obama dan Michelle.

“Dia sangat setia pada pasangan Obama, dan selalu jujur. Dia tak akan berpura-pura tahu tentang sesuatu bila dia tidak tahu. Tapi dia juga adalah orang yang tak segan mengatakan langsung apa yang ada di pikirannya kepada kandidat maupun para penasihatnya,” kata salah satu staf Obama mengenai Jarrett

Jarrett bertemu dengan Obama tahun 1991 ketika dia bekerja sebagaiDeputi Kepala Staf Walikota Chicago Richard M.Daley. Saat itu dia mewawancarai tunangan Obama, yang kemudian dinikahinya, Michelle, untuk pekerjaan di kantor Walikota. Ketiganya kemudian menjadi dekat sejak saat itu.

David Plouffe – Manajer Kampanye

Sebagai manajer kampanye, Plouffe secara luas diakui berhasil menjalankan operasional kampanye presiden paling mengesankan, yang terekam dalam sejarah.

Dia dikenal disiplin dan untuk kemampuannya memelihara kestabilan dalam bagian kampanye yang naik turun tak terelakkan.

“Dia orang paling fokus dan berbakat yang saya pernah bekerja. Dia tak mudah pecah konsentrasi oleh apapun yang dilakukan Washington “ kata pelobi Demokrat pendukung Clinton Steve Elmendorf. Plouffe (40) merasakan pertama kalinya bekerja untuk politik kepresidenan tahun 1992, untuk Senator Tom Harkin dari Iowa.

Bergabung dengan tim kampanye John Olver Senator dari Massachussetts, kemudian kembali ke Delaware tahun 1994. Lalu pindah ke New Jersey berkampanye untuk Robert Torricelli yang sukses menjadi anggota Senat tahun 1996. Bergabung dengan Komite Kampanye Partai Demokrat untuk Kongres, dan selanjutnya bekerja untuk firma konsultan David Axelrod di Chicago.

Robert Gibbs - Direktur Komunikasi

Robert Gibbs, bergabung dengan tim Obama sejak tahun 2004 sebagai sekretaris pers, saat berkampanye untuk Senat, dan menjabat posisi yang sama di kantor Senat.

Gibbs yang sekarang menjabat sebagai Direktur Komunikasi Kampanye Obama, berpengalaman di kampanye presiden. Dia pernah menjadi juru bicara pers pada kampanye John Kerry tahun 2004.

Dia juga memahami kepercayaan yang berlaku sepanjang masa, dan lingkup kampanye partai. Gibbs sudah menjadi direktur komunikasi kampanye Obama pada pertengahan pemilihan, tahun 2002.

Gibbs (36) pernah menjadi juru bicara kampanye tokoh-tokoh kelas atas Senat, termasuk Debbie Stabenow yang sukses pada pemilihan di Michigan tahun 2000. Juga Ernest Holling Senator dari South Carolina yang sukses terpilih kembali pada tahun 1998.

Michelle Obama – Istri, Orang Kepercayaan

Michelle LaVaughn Robinson Obama bukan hanya istri,dan ibu dari dua anak Obama, tapi juga penasihat terdekat yang selalu dimintai pendapat usai debat. Michelle yang lahir 17 Januari 1964 di South Side Chicago ini juga memimpin kampanye Obama untuk meraih pemilih perempuan.

Michelle adalah seorang pengacara lulusan Universitas Princeton dan Harvard Law School. Setelah menyelesaikan studinya, dia kembali ke Chicago dan bekerja untuk firma hukum Sidley Austin, sebagai staff Walikota Chicago Richard M.Daley. Pada saat bekerja disinilah Michelle bertemu dengan Obama. Michelle juga bekerja untuk Universitas Chicago dan Rumah Sakit Universitas Chicago.

Anita Dunn – Pengatur Strategi Komunikasi

Awalnya Dunn adalah konsultan untuk Senator Indiana Evan Bayh yang maju dalam pencalonan presiden.Saat ini Dunn berperan sebagai perancang strategi komunikasi kampanye Obama. Dunn belum lama bergabung menjadi orang di lingkaran dalam Obama, tapi dia telah memiliki jejak rekam yang panjang dalam dunia politik, termasuk menjadi konsultan mantan Senator Tom Daschle dari South Dakota.

Dunn adalah mitra di Squier Knapp Dunn Communications, sebuah kantor konsultan di Washington. Dunn pernah menjadi direktur komunikasi dan kepala pengatur strategi bagi kampanye John Glenn, Bill Clinton, dan John Kerry.

Steve Hildebrand - Deputi Direktur Kampanye Nasional

Salah satu penasihat penting dalam tim kampanye Obama adalah Steve Hildebrand. Tugasnya adalah memantau operasional lapangan dari setiap negara bagian, bagaimana untuk memenangkan Obama.
Steve Hildebrand besar di Mitchell, South Dakota. Tahun 2005 bergabung dengan Paul Tewes untuk membentuk Hildebrand Tewes Consulting, sebuah perusahaan kampanye dengan kantor di Washington DC dan Sioux Falls, South Dakota.

Tahun 2004 dia adalah manajer kampanye untuk Senator Tom Daschle dari Partai Demokrat di South Dakota, meskipun Daschle gagal terpilih kembali. Hildebrand juga pernah menjadi manajer kampanye Senator Tim Johnson di South Dakota yang kemudian menang tahun 2002, dan turut berperan dalam kemenangan Al Gore tahun 2000 dalam Kaukus di Iowa.

Hildebrand pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Partai Demokrat South Dakota dan Minnesota, dan Direktur Politik di Komite Kampanye Demokrat Untuk Senator.

Penny Pritzker - Kepala Keuangan

Pritzker adalah kunci penggerak dalam operasional uang tim kampanye Obama. Berasal dari salah satu keluarga kaya di Chicago, Pritzker adalah CEO Classic Residence by Hyatt.

Dipilihnya Pritzker (46) dalam tim kampanye Obama menjadi sasaran kritik, bahkan dari para pendukung Obama sendiri. Jejak rekam Pritzker dan keluarganya terkait erat dengan bisnis hipotek perumahan yang belakangan menjadi biang krisis keuangan di AS.

Kakek Pritzker, Abraham N.Pritzker adalah salah satu keluarga paling ternama di Chicago. Pengacara terlatih dari Harvard ini terakhir diminta oleh pamannya Jay untuk membantu mengawasi aset-aset keluarga di bidang investasi, termasuk jaringan Hotel Hyatt dan konglomerat industri Marmon Group.(vivanews)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris