Mukesh Ambani, Orang Terkaya di India !

(Vibiznews - Business) - Majalah bisnis terkemuka, Forbes, pekan lalu mengumumkan hasil survey mengenai 40 orang terkaya di India. Survey yang dilakukan oleh Forbes tersebut merupakan hasil survey yang dilakukan selama tahun 2008. Terkumpulnya 40 orang terkaya di India tersebut memberikan informasi yang cukup menarik mengingat saat ini India sedang terkena imbas dari pelemahan ekonomi global. Beberapa permasalahan ekonomi yang melanda India saat ini diantaranya ialah anjloknya performa bursa saham India sebesar 48% pada tahun ini. Sedangkan nilai tukar rupee terhadap dollar tercatat telah mengalami penurunan sebesar 24%. Pada sisi sektor riil, pertumbuhan ekonomi India juga tak luput pelemahan. Pertumbuhan ekonomi India hingga kuartal ketiga yang lalu turun menjadi 7,5%.

Forbes menilai adanya kendala-kendala yang terjadi pada perekonomian India tersebut, turut mempengaruhi pendapatan dari para pengusaha-pengusaha asal India. Kondisi tersebut tercermin dari naik turunnya posisi beberapa pengusaha dibandingkan hasil survey pada tahun lalu. Dari total 40 pengusaha tersebut, diperoleh total pendapatan mereka sebesar 212 miliar dollar atau senilai Rp 2.332 triliun. Level tersebut menurun jika dibandingkan dengan pendapatan total tahun lalu yang sebesar 351 miliar dollar atau senilai Rp 3.861 triliun.

Anurag Dikshit Masuk Urutan 23

Ada hal yang menarik didalam daftar 40 pengusaha terkaya yang dirilis oleh Forbes. Hal menarik tersebut ialah masuknya Anurag Dikshit diposisi 23. Pengusaha yang masih berumur 36 tahun tersebut telah sukses bersanding dengan para pengusaha-pengusaha senior yang telah menunjukkan kesuksesannya dalam beberapa tahun terakhir. Dikshit yang lahir di wilayah Gibraltar (wilayah bagian selatan India) tersebut, telah sukses menekuni bisnis game online selama 7 tahun. Game online yang isinya mengenai permainan kartu poker ini telah sukses diterima oleh publik India.

Jenis produk yang ditawarkan bernama PartyPoker. Alasan mengapa game ini cukup digemari oleh masyarakat India ialah karena permainan ini cukup mudah dicerna mengingat permainan kartu merupakan jenis permainan yang dapat dilakukan oleh banyak orang. Cukup banyak hadiah yang ditawarkan juga menjadi daya tarik sendiri bagi permainan ini. Luasnya jangkauan bisnis permainan ini ditunjang oleh mudahnya akses bagi para pemain untuk mencoba bermain. Dhiksit beserta manajemennya telah berhasil bahwa permainan kartu interaktif dapat dilakukan melalui perantara internet dan televisi. Maka tidak mengherankan bahwa acara PartyGaming yang dibuat olehnya mendapatkan rating yang cukup tinggi.



Bisnis yang dijalani oleh Dikshit tersebut, mengantarkan dirinya berada pada posisi 23 dari 40 orang terkaya di India, dengan total kekayaan mencapai 1,25 miliar dollar atau senilai Rp 13,75 triliun. Posisinya mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang sempat bertengger di posisi 37.

Dikshit Sukses Melanjutkan Status Keluarga

Pengusaha yang lahir pada tahun 1973, merupakan putera dari seorang pengusaha yaitu Sindri Dikshit. Ayahnya merupakan salah satu pengusaha terkaya di propinsi Gibralter. Meski memiliki kekayaan namun tidak membuat Dikshit junior menjadi anak yang manja. Hal tersebut terbukti oleh diterimanya Anurag di Indian Institute of Technology pada tahun 1994. Setelah lulus, akhirnya ia diterima sebagai konsultan teknologi di AT&T yang bermarkas di AS sampai dengan tahun 2000. Setahun berikutnya, ia bersama dengan sahabat karibnya semenjak kuliah, Vikrant Bhargava, untuk membentuk sebuah game online. Tindakan tersebutlah yang merupakan cikal bakal dari awal kesuksesan Dikshit dalam bisnis game online.

PartyPoker Sempat Mengalami Pencekalan

Pada tahun 2006 yang lalu, pihak berwajib sempat melakukan penyegelan terhadap PartyPoker, dengan alasan sebagai ajang bagi anak-anak kecil melakukan perjudian. Alasan tersebut bisa terbilang wajar mengingat sangat mudahnya akses PartyPoker yang tidak membatasi umur pemain. Aksi negosiasi pun dilangsungkan, dan akhirnya PartyPoker dibolehkan untuk melanjutkan kembali operasinya, meski dengan diberlakukannya aturan baru berupa pembatasan umur pemain.

Mukesh Ambani, Orang Terkaya di India

Posisi pertama sebagai orang terkaya di India diduduki oleh Mukesh Ambani. Pengusaha yang saat ini menjabat sebagai Chairman, Managing Director of Reliance Industries. Perusahaan yang bergerak dibidang tekstil dan petrokimia telah sukses menguasai pangsa pasar di Asia. Total kekayaan yang dimiliki oleh Ambani ialah sebesar 20,8 miliar dollar atau senilai Rp 228,8 triliun. Dengan kekayaannya tersebut maka tidak mengherankan bahwa dirinya juga merupakan orang terkaya di Asia.

Posisi kedua diduduki oleh pengusaha yang mungkin telah akrab di telinga kita. Pengusaha tersebut ialah bernama Lakshmi Mittal. Pengusaha yang berumur 56 tahun tersebut tercatat memiliki kekayaan sebesar 20,5 miliar dollar atau senilai Rp 225,5 triliun. Saat ini ia menjabat sebagai Chairman dan CEO, Arcelor Mitta, perusahaan penghasil logam baja terkemuka dunia.

Sumber artikelJustify Full

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...