bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Melawan Kejahatan Dengan “Computer Forensics” !

Memerangi kejahatan telah mencapai level yg “sophisticate”. Adalah menjadi suatu kebutuhan yg sangat mendesak utk mengembangkan metoda yg ada selama ini utk melawan kejahatan. “Tools” terbaik dlm perang melawan kejahatan di era informasi ini adalah “Computer Forensics”.

“Computer Forensics” adalah suatu bidang yg berkaitan dgn komputer dan teknologi yg sangat spesial dimana ketika itu selesai dilakukan dgn baik maka kita akan bisa mengambil kembali data yg telah hilang (baik disengaja maupun tidak) dari media penyimpan utama sebuah komputer. Data tetap ada dan bisa diakses, namun kita bisa mengatur agar komputer mengabaikan keberadaan data tertentu. Seseorang dgn kemampuan “Computer Forensics” dapat dgn tepat mengembalikan data yg hilang atau rusak. Dalam beberapa kasus hal ini bisa menjadi sebuah bukti dan di contoh lain hal itu bisa membawa kita kepada lebih banyak fakta atau bukti yg sebenarnya. Apapun itu, jika berhubungan dgn komputer ataupun handphone sekalipun (saat ini banyak handphone yg sdh dilengkapi dgn media penyimpan), “digital forensic” adalah sebuah alat yg sangat penting.

Memanfaatkan “Computer Forensics” menyebabkan penyelesaian suatu kasus kejahatan menjadi lebih simple dan membuat dunia menjadi tempat yg lebih nyaman dan aman. Saat ini hampir semua orang menggunakan internet setiap saat, mulai dari pc, laptop, hp, dll, utk mengakses data dan informasi.

Hal tersebut menjadi suatu hal yg sangat penting. Saling bertukan informasi melalui “board” ataupun online forum dapat meninggalkan jejak. Anda mencari informasi tentang sesuatu melalui “search engine” pun bisa dilacak.

Setiap org yg mempunyai niat buruk dgn memanfaatkan internet pasti meninggalkan jejak, dan seseorang dgn kemampuan ‘Computer Forensic’ bisa mengendusnya. Beberapa kriteria membutuhkan kerja lebih keras tergantung bagaimana tindakan yg diambil pelaku utk menghapus data / jejak yg mereka tinggalkan. Secara umum, bagaimanapun juga, menghapus / menghilangkan data / jejak menjadi lebih sulit utk dilakukan, terutama utk menyembuyikannya dari seorang yg terlatih utk menggali data tersebut.

Jenis informasi apa yg bisa diungkap?

Jika sdh berkaitan dgn melawan kejahatan, pasti ada banyak cara efektif yg bisa dilakukan oleh para ‘computer forensics’ utk membuktikannya. Data yg bisa diungkap bisa sangat banyak dan bervariasi mulai dari data surveillance (biasanya data yg di dapat dari cctv, dan atau sejenisnya), hingga pencurian data, dan beberapa data kejahatan lainnya. Bukti dari ‘affairs’, pencucian uang, penyelundupan, & kejahatan-kejahatan lain juga bisa diungkap.

Satu hal penting yg perlu diingat tentang ‘computer forensics’ jika anda membutuhkannya, adalah anda harus benar-benar yakin bahwa hal tersebut di tangani oleh orang yg sangat berkompeten di bidang tersebut. Sebab seperti disiplin ilmu yg lainnya, yg juga berkaitan dgn komputer, ‘computer forensics’ bak pisau bermata dua. ‘Computer forensics’ bisa juga digunakan utk memutar balik fakta, yg tentu saja bisa mendukung seorang terdakwa lepas dari tuduhan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris