bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Inilah Blogger Berpenghasilan $200 Per Jam!


Wawancara Eksklusif: Daniel Scocco - Potensi Blog dan Membership Site Program

Wawancara eksklusif Blogguebo.com kali ini menghadirkan Daniel Scocco, blogger profesional asal Brazil, pemilik blog terkenal DailyBlogTips.com dan situs keanggotaan berbayar OnlineProfits.com. DailyBlogTips.com sendiri pernah dinominasikan sebagai “Best Web Development Blog” penghargaan Weblog Awards pada tahun 2007. Saat ini DailyBlogtips.com masuk dalam jajaran 100 blog terpopuler di dunia (berdasarkan Technorati).

Selain menekuni aktivitas blogging, Daniel juga dikenal sebagai konsultan online marketing yang konon kabarnya bertarif $200 per jam. Daniel adalah salah satu contoh blogger yang sukses mengembangkan blog dan juga situs membership program.

Membership site program atau situs keanggotaan berbayar belum cukup populer di Indonesia. Padahal potensi bisnis ini diyakini jauh lebih menguntungkan ketimbang blogging. Bagaimana potensi membership site program dan apa yang harus dipelajari jika Anda ingin membangun situs keanggotaan berbayar?

Agar tidak berpanjang lebar dan membuang-buang waktu Anda, silahkan langsung menyimak hasil wawancara eksklusif bersama Daniel Scocco berikut ini.

(T): Tanya
(J): Jawab

(T): I notice that recently you've launched a membership site program, OnlineProfits.com. Could you tell us what is actually OnlineProfits.com?
(Baru-baru ini Anda meluncurkan sebuah program membership site, OnlineProfits.com. Bisakah Anda ceritakan apa sebenarnya OnlineProfits.com?)

(J): OnlineProfits.com is an online marketing and business training program. It is targeted at people who want to learn all the angles of online marketing and start a business on the Internet. The program itself is made of lessons, case studies, exclusive interviews and video tutorials. Members also have access to a private forum and a private area with tools and resources.
(OnlineProfits.com adalah sebuah program pelatihan pemasaran online dan pelatihan bisnis. Program ini terutama ditargetkan untuk mereka yang ingin belajar segala aspek pemasaran online dan memulai sebuah bisnis di internet. Programnya sendiri meliputi sejumlah materi pelajaran, studi kasus, wawancara eksklusif dan video tutorial. Anggota program ini juga memiliki akses terhadap sebuah forum khusus dan dan area khusus dengan sejumlah tools dan sumber informasi).

(T): How did you finally come up with this membership site program?
(Bagaimana Anda akhirnya bisa sampai pada ide membuka program membership site ini?)

(J): Once I had the idea, I spent five months or so working on it before the actual launch. This involved securing the domain name, setting up the server, hiring a designer, putting the membership site together (the technical bits), creating a lineup of mentors to produce the content, structuring the content of the program in a logical fashion, integrating the payment processor, testing everything, doing some market research and so on.
(Ketika saya mendapatkan idenya, saya menghabiskan kira-kira 5 bulan atau lebih untuk mempersiapkan semuanya sebelum hari peluncuran. Persiapan ini menyangkut membeli domain, menyiapkan server, menyewa desainer, menyatukan situs membership itu sendiri (soal teknis), menyusun daftar mentor untuk menulis konten, menyusun konten program secara terstruktur dan runtut, memasukkan sistem pembayaran, mengetes segalanya, melakukan riset pasar dan sebagainya).

(T): Do you think that blogging and membership program are complementary?
(Apakah menurut Anda blogging dan membership program adalah dua hal yang saling melengkapi?)

(J): I think a blog can be a launch pad for any project. For example, there are cases of bloggers who landed dream jobs inside large corporations, cases where bloggers landed book publishing deals, cases where bloggers launched membership sites following the success of their blogs and so on.
(Saya kira sebuah blog bisa menjadi landasan luncur untuk proyek apapun. Sebagai contoh, ada kasus seorang blogger yang mendapatkan pekerjaan impiannya di perusahaan besar, atau seorang blogger yang akhirnya menerbitkan buku, atau seorang blogger yang meluncurkan situs membership program mengikuti kesuksesan blognya dan sebagainya).

(T): Can we just create membership site program without even have a blog?
(Bisakah kita membuat situs membership program tanpa memiliki sebuah blog?)

(J): In theory you could, but as I answered above, a blog can be a great launch pad, and it could dramatically increase your chances of success. This is the case because a blog is an excellent tool to demonstrate your expertise, attract an audience of prospects, network with fellow bloggers who might become your JV partners and so on.
(Dalam teori ya Anda bisa, namun seperti yang saya sampaikan diatas, sebuah blog bisa menjadi sebuah landasan luncur yang luar biasa dan blog bisa meningkatkan peluang sukses Anda secara dramatis. Hal ini bisa terjadi karena blog adalah sebuah tool yang sangat sempurna untuk menunjukkan keahlian Anda, menarik calon prospek Anda, membangun jaringan dengan blogger lain yang mungkin akan menjadi mitra kerjasama di masa depan dan sebagainya).

(T): What kind of special skills that bloggers should learn before they launch their membership site program?
(Kemampuan khusus apa yang harus dipelajari seorang blogger sebelum mereka meluncurkan situs membership program?)

(J): It depends on the kind of membership site that you want to launch, and whether or not you will hire professional help. Here are some of the skills needed to launch a successful membership site:

- web design skills (graphic design, CSS, XHTML)
- web development skills (PHP, Javascript, payment integration, etc)
- marketing skills (copywriting, market research, traffic generation, etc)
- content production skills (text, audio, video)
- business skills (strategy, administration, finance)

If you want to do everything yourself, therefore, you would need to have most of those skills. The alternative is to hire professionals who will bring these skills to your project.
(Hal itu tergantung pada jenis membership program yang ingin Anda buat, dan apakah Anda akan menyewa orang lain yang profesional di bidang itu atau tidak. Berikut adalah beberapa keahlian yang dibutuhkan untuk meluncurkan sebuah situs membership program:

- kemampuan desain web (desain grafis, CSS, XHTML)
- kemampuan pengembangan web (PHP, Javascript, sistem pembayaran, dan lain-lain)
- kemampuan pemasaran (copywriting, riset pasar, menarik pengunjung, dan lain-lain)
- kemampuan memproduksi konten (berupa teks, audio, video)
- kemampuan bisnis (strategi, administrasi, keuangan)

Jika Anda ingin melakukan semuanya sendirian, maka, Anda perlu menguasai semua kemampuan diatas. Pilihan lainnya adalah menyewa seorang profesional yang akan memberi semua kemampuan ini untuk proyek Anda).

(T): From your own experience, which one is more profitable? Blog or membership site?
(Dari pengalaman Anda, mana yang lebih menguntungkan? Blog atau situs membership program?)

(J): I think we can't generalize. There are blogs that are very profitable, as there are blogs that don't make a dime. Similarly, there are membership sites that are profitable, and there are membership sites that don't make a dime. In the end, I believe that you make a website popular and profitable - be it a blog, a membership site, a forum or an online store - if you have a passion for it. You need to love what you doing to be able to do excellet work. Once you have that ingredient, any type of website can become hugely profitable. So don't follow the money, follow your passion.
(Saya kira kita tidak bisa menyamaratakannya. Ada blog yang sangat menguntungkan, dan ada juga blog yang tidak menghasilkan uang sepeser pun. Hal yang sama, ada situs membership yang menguntungkan, dan ada situs membership yang juga tidak menghasilkan uang sepeser pun. Akhirnya, saya percaya bahwa Anda akan bisa menciptakan sebuah situs populer dan menguntungkan - baik itu berupa blog, situs membership program, forum atau juga toko online - jika Anda memiliki hasrat yang besar terhadapnya. Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan agar bisa melakukannya dengan sangat baik. Setelah Anda tahu resep itu, segala jenis situs bisa menjadi sangat menguntungkan. Jadi, jangan ikuti uangnya, ikuti hasrat Anda).

(T): What is your advice for bloggers who want to start their own membership site program?
(Apa nasehat Anda bagi para blogger yang ingin memulai situs membership program mereka sendiri?)

(J): First of all keep working on your blog. Try to grow its audience as much as possible, and try to establish it as an authority inside its niche. This will help tremendously on the launch of a membership site. Secondly, do proper market research. You should launch a membership site only if you identify a real need on the market that is not being adequately addressed by current competitors. Once again, the membership site must be rooted on a topic that you are passionate about, else it will flop.
(Yang pertama, terus kembangkan blog Anda. Cobalah untuk meningkatkan jumlah pengunjungnya semaksimal mungkin, dan cobalah untuk membangun blog Anda sebagai otoritas di dalam niche Anda sendiri. Hal ini akan sangat membantu dalam proses peluncuran sebuah situs membership program. Kedua, lakukanlah riset pasar dengan benar. Anda seharusnya hanya meluncurkan situs membership program jika Anda bisa mengidentifikasi kebutuhan nyata di pasar yang benar-benar belum dipenuhi dengan baik oleh pesaing Anda. Sekali lagi, situs membership program haruslah berakar pada topik yang benar-benar Anda cintai, atau Anda akan kehilangan semuanya).

(T): Last question: Do you have any future project that you want to share with us?
(Pertanyaan terakhir: Apakah Anda memiliki proyek di masa depan yang ingin Anda bagikan dengan kami?)

(J): OnlineProfits.com will be my only project for a while now. I have a vision of what I want to accomplish with it, and we are just 5% there, if that. And I am not only talking about the financial aspect, but also about the service quality, the features, the products offered and so on. I am taking one step at a time, though, so it is a fun project to be involved with. Probably in October of 2009 we will be opening it for new members again (first time was in January), so keep an eye for it.
(Untuk saat ini OnlineProfits.com adalah satu-satunya proyek saya. Saya punya visi mengenai apa yang ingin saya capai dengan situs ini dan saat ini kami baru mencapai 5% darinya. Dan maksud saya bukan tentang sisi keuntungannya semata, namun juga tentang kualitas layanan, fitur-fiturnya, produk yang ditawarkan dan lain-lain. Saya melakukannya satu per satu, jadi ini adalah proyek yang sangat menyenangkan untuk dijalani. Barangkali di bulan Oktober 2009 nanti kami akan membuka kembali pendaftaran untuk anggota baru (yang pertama di bulan Januari), jadi jangan sampai terlewatkan).

Thanks a lot, Medhy!
(Terima kasih banyak, Medhy!)

Daniel Scocco
DailyBlogTips.com
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris