bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Gedung Tertinggi di Indonesia vs di Malaysia !

Menghangatnya kembali wacana pendirian Menara Jakarta di Kemayoran, membuat saya tergoda untuk iseng-iseng mencari tahu soal bangunan tertinggi di Indonesia dan negeri jiran sebagai pembanding. Tulisan ini tidak dimaksudkan untuk menambah runyam ketegangan antara negeri kita dengan negeri jiran Malaysia, namun hanya mencari fakta bagaimana status saat ini dan proyeksi bangunan tinggi ke depan nanti.

Saat ini semua tahu bahwa Malaysia punya bangunan tertinggi yang entah peringkat ke berapa di dunia, yaitu menara kembar Petronas. Anda juga mungkin sudah tahu kalau wacana Menara Jakarta nanti jadi dibangun, maka menara di Kemayoran ini bakal mengalahkan ketinggian menara kembar tersebut. Tapi mungkin banyak diantara pembaca yang belum tahu, saat ini di Indonesia bangunan manakah yang dianggap sebagai bangunan tertinggi (tidak termasuk Menara Jakarta lho..). Tahukah anda, kalau menara televisi Indosiar yang berada di Kebun Jeruk adalah bangunan / struktur tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 395 meter dan menara ini juga masuk dalam katagori desain unik karena hanya ada satu-satunya di dunia (bersistem hybrid guyed-mast).

Bangunan tertinggi di Indonesia dan Malaysia

Bangunan tertinggi di Indonesia dan Malaysia

Namun bila dibanding dengan negeri Jiran, menara Indosiar ini masih sedikit kalah tinggi dengan menara televisi di Kuala Lumpur yang tingginya lebih dari 400 meter (lihat gambar di atas). Menara televisi ini juga menjadi bangunan tertinggi kedua di Malaysia setelah Petronas yang tingginya lebih dari 450 meter. Untungnya, bila nanti Menara Jakarta jadi dibangun, maka akan mengambil alih posisi bangunan tertinggi diantara Indonesia dan Malaysia dengan ketinggian diatas 550 meter. Kabarnya, menara di Kemayoran ini akan difokuskan untuk menjadi pusat transmisi siaran televisi digital dan seluler terpadu untuk wilayah Jabotabek.

Bagi yang ingin melihat perbandingan ketinggian gedung atau struktur tinggi di seluruh dunia seperti contoh di atas, bisa berkunjung ke SkyScraper Page.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris