Anda sudah mengikuti semua langkah yang dianjurkan, termasuk membeli Autoresponder profesional, agar email yang Anda kirim tidak “tertangkap” oleh spam filters, dan email Anda sampai ketujuan.
Tunggu…jangan cepat-cepat bergembira dulu,…Anda sekarang akan berhadapan dengan spam filter paling canggih, Customer Anda!
Dengan banyaknya email yang diterima oleh calon pelanggan Anda, kebanyakan orang tidak segan-segan men-delete email yang tidak disukainya - meskipun sebelum membaca isinya. Bahkan beberapa diantaranya seringkali melaporkan email ini sebagai spam.
Berikut adalah 3 alasan utama, mengapa orang mau membuka email dari Anda:
- Mereka telah “mengenal” Anda. Jika penerima email mengenal nama Anda sebagai pengirimnya, kebanyakan email Anda pasti dibuka. 65% dari orang-orang yang di survey, mengatakan inilah alasan utama mereka membuka email - kenal pengirimnya.
- 75% dari orang yang di survey mengatakan jika email berasal dari “brand” yang mereka kenal dan percaya, mereka akan memberikan respons. Jika Anda telah beberapa kali mengirimkan bonus yang bermutu kepada calon pelanggan, maka “brand” atau nama website Anda sudah mereka kenal dan percayai.
- Penawaran yang relevan dengan kebutuhan calon customer. Ini sebabnya Anda sebagai pengirim email harus benar-benar mengetahui target market Anda dan menyempatkan diri untuk meyakinkan kalau penawaran Anda akan sangat memenuhi kebutuhan calon Customer. 83% orang akan memberikan respons yang positif jika mereka ditawari sesuatu sesuai dengan kebutuhan mereka.
Untuk hasil yang lebih efektif, gunakan beberapa kampanye yang berbeda untuk setiap segmen pasar ( misalnya dengan memisahkan promosi bagi yang telah membeli produk dari Anda dan yang belum pernah membeli dari Anda sama sekali)
Harga yang menarik juga merupakan suatu alasan utama mengapa mereka mau membuka email Anda. Survey membuktikan bahwa penawaran “free shipping” atau harga discount merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk calon customer. Semua orang suka membeli dengan harga yang lebih murah.
Email adalah suatu tool yang sangat efektif dan efisien dalam penjualan — tetapi hanya jika email Anda dibuka dan dibaca oleh calon customer Anda. Sebaiknya Anda membangun kepercayaan dan kredibilitas Anda dimata para calon customer Anda dengan menawarkan nilai tambah dalam email Anda dengan free bonus dan sebagainya. Pelajari target market Anda dengan teliti, cari tahu apa yang mereka inginkan dan tawarkan solusi bagi mereka.
Jika hal diatas sudah Anda rencanakan dan lakukan dengan baik, email dari Anda, yang sudah mereka kenal sebelumnya, pasti akan dibaca dan direspons dengan positif. Sales Andapun akan semakin meningkat.