bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mobil Baru Termurah di Dunia




Mobil termurah di seluruh dunia rancangan dan produksi Tata Motors memperoleh atensi public, pada tanggal 10 Januari ditampilkan pada pameran akbar internasional mobil baru di New Delhi, dinamakan . (By: RAVEENDRAN/AFP)

(Erabaru.or.id) – Mobil termurah seluruh dunia yang memperoleh perhatian khalayak yang dirancang dan diproduksi oleh pabrik mobil raksasa India , pada tanggal 10 resmi grand launching pada pameran mobil terkini internasional di New Delhi, dinamakan .

Mr. Tata, sang presiden komisaris perusahaan tersebut menekankan pada presentasi penyambutannya: sudah memenuhi standard emisi gas buang Eropa dan dalam negeri (India), rata-rata setiap liternya bisa berlari sejauh 20 km.

Ahli analisa percaya, mobil baru ini barangkali akan menggerakkan badai harga murah, memaksa pabrik raksasa lainnya menurunkan harga demi perebutan market.

Mobil gres yang dinilai canggih oleh Tata ini, sudah dipasarkan melalui program penjualan mobil ekonomis oleh pabrik raksasa tingkat internasional seperti Porsche – Jerman, Reynault Perancis, Ford – Amerika dll, dengan tujuan merebut pangsa kue besar di India dan pasar baru lainnya.

Pabrik mobil besar nomer satu India, Maruti – Suzuki memproduksi mobil patungan hasil investasi bersama oleh Suzuki mobil – Jepang dengan Maruti Udyog – India, juga mempublikasikan kemungkinan akan menyambut tantangan tersebut dengan mobil mini harga rendah yang paling digemari di bawah bendera perusahaannya yakni Maruti 800.

Demi menaikkan gengsi , Tata yang berusia 70 tahun naik panggung dan memamerkan dengan menyetir sendiri mobil tersebut, kepalanya nyaris menyentuh atap (dalam) mobil.

Mobil mini merangkap mobil angkut berpintu empat dengan lima tempat duduk ini apabila dipotong pajak dan biaya pengurusan lainnya, dipatok dengan harga 10.000 Rupee (kurang lebih=Rp 24.600.000), maka dari itu tak keliru disebut sebagai “Mobil rakyat”.

Nano dirancang dengan system injection, menggunakan sebuah enjin bensin 2 tabung dengan volume 624 kubik, 30 tenaga kuda, berbobot 500 kg, panjang/lebar/tinggi = 3,1 m/1,5 m dan 1,6 meter. Model luarnya streaming line, bisa dimuati empat orang atau dijejali 5 orang. Tata menyatakan, Nano adalah mobil berpolutan terendah di India, juga sesuai dengan standard keselamatan yang disyaratkan.

Ekonomi India terbukti semakin menguat dengan mencipta bagi kaum orang kaya baru dengan target pemasaran pengendara yang berniat beralih dari motor roda dua ke mobil beroda empat, memenuhi permintaan mereka akan mobil harga murah. Di jalanan India seringkali dijumpai pemandangan mengerikan dimana sebuah keluarga dengan empat orang berjejal di atas sebuah sepeda motor. Tata menyatakan, diharap mobil super murah ini bisa membuat hidup keluarga India semakin aman.

Para insinyur mobil Tata dengan sengaja menekan harga pokok , yang hanya memiliki sebuah wiper, tanpa auto-window, AC, radio dan power steering; pada tachometer tak terdapat RPM meter dan speedometer bergaya analog bukan digital. Tentu juga memiliki versi mewah, ber-AC dan central door lock, juga masih bisa ditambahi piranti lainnya sesuai kebutuhan. Meskipun harga ekonomis membuat heboh, tapi para kritikus beranggapan, jalanan India sudah sejak dulu macet, kelak barangkali dikarenakan kelebihan beberapa juta kendaraan baru yang berebut jalan, akan memperparah problem polusi udara dan polusi suara.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Belajar Bahasa Inggris